web counter
TipsTips Xiaomi

3 Cara Ganti ROM Xiaomi yang Terkena ARB (Anti Roll Back)

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk ganti ROM Xiaomi yang terkena ARB

Mi 8 Lite dengan MIUI 10
Ilustrasi (Gambar: Dok. Pribadi)

ARB atau yang sering dikenal dengan proteksi Anti Roll Back memungkinkan smartphone kamu mengalami mati total ketika melakukan downgrade versi MIUI pada Xiaomi. Singkatnya, ketika smartphone Xiaomi kita sudah menggunakan proteksi ARB Anti 4, maka kamu tidak akan bisa melakukan downgrade versi MIUI yang menggunakan Anti 3 seperti pada MIUI 9.

Lebih mudahnya, kamu tidak akan bisa pindah ROM dari MIUI 10 ke MIUI 9. Hal ini biasa dilakukan oleh vendor smartphone karena alasan keamanan yang sudah jadul pada versi sebelumnya sehingga pengguna tidak akan terkena berbagai virus. Namun mungkin kamu salah satu yang masih rindu dengan MIUI 9 yang bahkan dikatakan memiliki performa baterai yang lebih hemat dibanding MIUI 10.

Saat ini sebenarnya sudah ada banyak cara untuk ganti ROM Xiaomi yang terkena ARB. Jika ingin tetap menggunakan ROM Xiaomi namun dengan versi yang di bawahnya, maka ada dua cara yang dapat kamu lakukan. Tapi sebelum masuk ke inti pembahasan, kamu bisa akses artikel “Arti Anti Roll Back (ARB) Xiaomi, Bahaya dan Cara Mengetahui” untuk memahami beberapa hal mengenai ARB.

Nah, untuk kamu yang ingin ganti ROM ataupun pindah ROM ke versi MIUI 9 contohnya, kamu bisa melakukan beberapa cara ini. Untuk detail caranya sendiri akan berbeda setiap smartphone karena file yang dibutuhkan seperti Custom Recovery, akan berbeda setiap serinya.

1. Gunakan PBRP (Pitch Black Recovey Project)

Pitch Black Recovery Project (Gambar: XDA Developers)

Nah, satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengganti recovery bawaan kamu dengan PBRP. Umumnya kita mengenal ada namanya TWRP, Red Wolf Recovery, Clock Mod World dan lain sebagainya. Untuk PBRP sendiri sekarang menjadi sangat populer di kalangan pengguna Xiaomi karena mampu memproses ROM yang menggunakan anti 3 sehingga bisa diinstal atau downgrade dari ROM yang anti 4.

Singkatnya, dengan PBRP kamu bisa menginstal dan merasakan kembali ROM MIUI 9 yang sudah berbeda versi dari ROM yang kamu gunakan saat ini. Saat ini saya sendiri masih belum bisa menjelaskan bagaimana cara melakukannya. Tapi saya rasa, beberapa grup Facebook smartphone Xiaomi sudah membuat tutorial cara instal PBRP. Silahkan coba dicari sendiri pada grup Facebook smartphone kamu.

2. Instal ROM Firmware Less

Perbedaan ROM MIUI Global dan China, Mana yang Lebih Baik?
Ilustrasi

Sebenarnya, ROM MIUI 10 terbaru sudah dilegnkapi dengan firmware yang mampu mendeteksi versi ARB kamu sehingga ketika menginstal MIUI dengan versi ARB di bawahnya, otomatis akan terdeteksi dan hasilnya smartphone kamu akan mati total. Ada satu cara lagi selain menggunakan PBRP untuk kamu yang masih sayang dengan custom recovery yang sangat populer yakni TWRP.

Baca juga:  Cara Menghilangkan App Vault, Panel Paling Kiri Smartphone Xiaomi

Caranya adalah dengan menginstal ROM Firmware Less. Jadi, ROM MIUI 10 terbaru akan dimodif oleh para developers sehingga proteksi ARB tidak melekat pada ROM kamu. Ketika kamu menginstal ROM MIUI yang sudah dimodif tadi, kamu akan terbebas dari proteksi ARB dan kembali bisa merasakan ROM MIUI lawas seperti MIUI 8 dan MIUI 9.

Akan tetapi, ROM ini merupakan hasil modifikasi developer luar sehingga untuk mendapatkan filenya, kamu harusnya bergabung dalam grup yang ada di Telegram. Yah, biasanya ROM, kernel, Recovery dan lainnya sering dibagikan pada grup smartphone Xiaomi yang ada di Telegram.

3. Instal Custom ROM AOSP

Mi A2 Lite dengan Pure Android
Pure Android Mi A2 (Gambar: Dok. Pribadi)

Dua hal di atas merupakan cara jika ROM yang kamu instal adalah MIUI versi lawas. Tapi, buat kamu yang ingin menggunakan ROM AOSP (Android Open Source Project) seperti AEX, Pixel Expirience, LineAge OS dan lainnya, kamu tidak akan mendapatkan masalah meski sudah menggunakan MIUI 10 yang umumnya berada pada versi ARB anti 4.

Untuk instal ROM AOSP, kamu tidak perlu mengikuti dua cara di atas, lakukan saja instal seperti biasa dengan menggunakan custom recovery kesukaan kamu. Mengapa demikian? Yah, ARB hanya akan aktif ketika kita menggunakan ROM MIUI dan ingin instal ROM MIUI lagi tapi versi lawas. Jika menggunakan ROM MIUI dan instal ROM AOSP, maka tidak akan terjadi yang namanya mati total.

Bukan hanya itu saja, ketika sudah instal ROM AOSP, kamu juga bisa kembali ke ROM MIUI yang versi terbaru tanpa mengalami kendala apapun seperti MIUI ke MIUI tadi. Jadi intinya akan sangat aman dan tidak ada masalah jika yang ingin kamu instal itu adalah ROM AOSP.

Begitulah tiga cara yang bisa kamu lakukan untuk ganti ROM Xiaomi yang terkena ARB. Untuk melakukan seluruh hal di atas, pastikan smartphone kamu sudah UBL (Unlock Boot Loader) dan selanjutnya telah memasang Custom Recovery. Seperti yang dikatakan sebelumnya, cara tersebut akan berbeda sesuai dengan seri smartphone yang kamu pegang.

Akan lebih baik jika kamu yang ingin mengetahui lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi grup Facebook smartphone Xiaomi kamu. Untuk selanjutnya, saya akan coba memberitahukan proses UBL dan tiga cara di atas.

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker