web counter
TipsTips Xiaomi

Aktifkan Wifi dan Hotspot Secara Bersamaan pada Xiaomi Android Pie

Jika sudah terlanjut ke Android Pie, kamu bisa kembalikan fitur wifi dan hotspot yang dapat aktif bersamaan.

Wifi dan Hostpot Aktif Bersamaan
Wifi dan Hotspot Aktif Secara Bersamaan (Gambar: Dok. Pribadi)

Pembaharuan terbaru Android Pie pada beberapa smartphone Xiaomi cukup dinantikan oleh pengguna setia. Meskipun menghadirkan banyak fitur baru, banyak pengguna terutama saya cukup menyesalkan atas hilangnya fitur wifi dan hotspot yang sebelumnya bisa aktif bersamaan.

Apa sih istimewanya? Sebelum update ke Android Pie, Redmi Note 5 yang saya gunakan bisa membagikan wifi yang sedang digunakan. Misalnya kita memiliki member “@wifi.id” dan hanya diizinkan digunakan oleh satu ponsel. Nah, pada versi sebelum Android Pie, kita bisa hotspotkan kembali wifi yang sudah tersambung. Jadi cukup membeli satu akun saja dan bisa berbagi dengan teman lainnya.

Lalu, bagaimana jika kita sudah update ke Android Pie? Ada satu cara yang bisa kamu gunakan yakni melakukan patch melalui custom recovery seperti OrangeFox dan TWRP. Sebelum masuk ke tutorial selanjutnya, pastikan smartphone kamu sudah terpasang custom recovery dan tentunya sudah UBL (Unlock Boot Loader).

Aktifkan Wifi dan Hotspot Secara Bersamaan

Wifi dan Hostpot Aktif Bersamaan
Cara Instal Patch Wifi dan Hotspot Agar Aktif Bersamaan (Gambar: Dok. Pribadi)

Pertama, silahkan kamu unduh file patch pada link berikut ini. Setelah itu, silahkan matikan smartphone kamu dan masuk ke menu recovery dengan cara tekan tombol Volume Up + Power secara bersamaan. Nantinya kamu akan masuk ke tampilan recovery yang kamu gunakan.

Baca juga:  Cara Mengganti DPI (Dot Per Inch) Smartphone Xiaomi Tanpa Aplikasi

Setelah itu, kamu pilih letak file patch yang telah didownload tadi. Selanjutnya kamu tinggal Swipe To Install untuk melakukan instalasi file tersebut. Ketika selesai, akan ada dua tombol Wipe Caches dan Reboot System. Kamu bisa tekan dahulu Wipe Caches lalu tekan kembali Reboot System untuk masuk kembali ke MIUI.

Terakhir, silahkan coba sambungkan satu wifi yang sedang aktif. Selanjutnya, tinggal hidupkan hotspot smartphone kamu. Nah, nantinya wifi dan hostspot akan tetap hidup bersamaan. Artinya, wifi yang kamu gunakan saat itu bisa dibagikan kembali dengan password yang telah ditentukan.

Sampai disini, tutorialnya sudah selesai. Perlu diperhatikan, cara ini hanya berlaku di Android Pie dan sudah dicoba pada Redmi Note 5. Jika kamu menggunakan seri Xiaomi lainnya, saya tidak bisa menjamin keberhasilan tutorial ini. Jika ada kesulitan dalam tutorial ini, silahkan tinggalkan komentar kamu.

Michael Sihombing

Hanya seseorang anak muda yang gemar dengan dunia smartphone dan senang berbagi ilmu. Selalu tertarik dengan smartphone kece harga kere. Jangan lupa aktifkan notifikasi untuk bacaan menarik lainnya yah.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close