web counter
Featured

Apa Itu Penyimpanan Sistem Smartphone, Bisakah Dihapus?

Penyimpanan Sistem memakan ruang internal kamu hingga 5GB bahkan lebih? Bisakah dihapus dan apa itu sebenarnya penyimpanan sistem? Berikut jawabannya.

Penyimpanan Sistem
Penyimpanan Sistem Memakan Internal Hingga 9GB (Gambar: Dok. Pribadi)

Kapasitas memori internal kini menjadi ancaman utama bagi pengguna smartphone terutama yang masih menggunakan varian 16GB bahkan lebih rendah. Semakin berkembangnya sistem smartphone, ruang internal akan semakin mudah penuh. Salah satu buktinya adalah penyimpanan sistem smartphone yang mampu memenuhi ruang internal hingga 5GB bahkan lebih.

Lalu, apa itu sebenarnya penyimpanan sistem pada smartphone? Apakah penting? Bisakah nantinya dihapus karena memakan ruang internal yang sangat besar? Berikut jawabannya.

Apa Itu Penyimpanan Sistem?

Penyimpanan Smartphone
Ilustrasi (Gambar: Dok. Pribadi)

Pada dasarnya, smartphone akan berjalan jika memiliki sebuah sistem di dalamnya. Salah satu yang populer adalah Android itu sendiri. Sama halnya dengan Windows, untuk melakukan instalasi sistem tersebut, kita membutuhkan sebuah file .iso yang ukurannya mencapai 3GB. Hal ini sama dengan Android, kita membutuhkan file instalasi yang ukurannya bervariasi mulai dari 500MB hingga 2GB.

Sistem dengan Pure Android seperti Mi A1, Mi A2, Max Pro M1 dan lain sebagainya umumnya menggunakan sistem android murni dengan modifikasi yang sangat minim. Oleh sebab itu, pada smartphone di atas penyimpanan sistemnya cukup kecil karena tidak ada modifikasi dan aplikasi bawaan yang sangat sedikit.

Berbeda dengan MIUI, sistem tatap muka milik Xiaomi ini merupakan perombakan besar dari android murni. Bukan hanya MIUI, adalagi ColorOS miliki OPPO, ZenUI miliki Asus dan lainnya. MIUI dengan versi terbaru sendiri memiliki file instalasi hingga 2GB. Hal ini wajar dikarenakan banyaknya aplikasi bawaan seperti Recorder, Wheater, Calculator, Google Apps, Notes, Themes dan lain sebagainya.

Nah, itulah mengapa ada sebagian smartphone memiliki penyimpanan sistem yang sangat besar. Lain lagi aplikasi sistem atau bawaan tersebut mengalami update, maka otomatis akan memakan ruang internal yang tersedia. Jadi, penyimpanan sistem itu berisikan aplikasi bawaan dan file sistem lainnya yang mendukung kinerja sebuah smartphone

Baca juga:  Bahaya dan Cara Mengetahui Smartphone Xiaomi Bekas Bypass Akun Mi atau Tidak

Bisakah Menghapus Penyimpanan Sistem?

Jika memang memadati ruang internal, apakah sebenarnya file sistem tadi bisa dihapus? Jawabannya tentu saja bisa. Namun, menghapus file sistem tentu harus masuk ke bagian sistem dengan cara melakukan Root. Jadi, jika smartphone belum di-root, maka kemungkinan besar kamu tidak akan bisa menghapus penyimpanan sistem.

Ketika sudah melakukan root, nantinya kamu akan ada akses masuk ke sistem yang lebih dalam untuk menghapus aplikasi-aplikasi bawaan seperti aplikasi Google yang tidak terlalu penting (Play Movies, Music, Books) dan lain sebagainya yang kamu anggap tidak penting. Maka dari itu ada aplikasi seperti Root Explorer yang bisa digunakan untuk mengakses aplikasi bawaan sehingga bisa dihapus.

Nah, mudah dipahami bukan? Jadi penyimpanan sistem itu sangat penting dan menyimpan semua aplikasi bawaan. Oleh karena itu, kita tidak bisa menghapusnya karena memang file tersebut dianggap penting untuk mendukung kinerja smartphone. Jika memang terlalu banyak memakan internal, mungkin varian 16GB sudah bukan pilihan lagi untuk saat ini.

Apalagi anak muda yang cukup aktif instal aplikasi dan modifikasi smartphonenya untuk mendapatkan kesan yang lebih mewah. Oh iya, kamu bisa cek berapa besar penyimpanan sistem pada smartphone Xiaomi melalui aplikasi Settings > Storage > System Storage atau Peyimpanan Sistem. Smartphone lainnya mungkin sama saja dengan mengakses bagian Penyimpanan pada aplikasi Pengaturan.

Tags

Michael Sihombing

Hanya seseorang anak muda yang gemar dengan dunia smartphone dan senang berbagi ilmu. Selalu tertarik dengan smartphone kece harga kere. Jangan lupa aktifkan notifikasi untuk bacaan menarik lainnya yah.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker