web counter
TipsTips Xiaomi

Cara Aktifkan Camera2 API Tanpa Root pada Smartphone Xiaomi Android Pie

Aktifkan Camera2 API Tanpa Root
Status ketika berhasil memasang Camera2 API (Gambar: Dok. Pribadi)

Pengguna Xiaomi umumnya melakukan UBL (Unlock Boot Loader) dan selanjutnya Root untuk mengatifkan Camera2 API agar bisa menginstal Google Camera. Hal ini wajar karena hasil foto dari kamera tersebut terlihat lebih baik terutama saat malam hari. Lalu, apakah kita aktifkan Camera2 API tanpa root?

Sangat bisa dan sebenarnya sudah banyak tutorialnya. Tapi, bagaimana dengan smartphone Xiaomi berbasis Android Pie? Yah, versi android ini sudah hadir pada beberapa smartphone seperti yang terbaru Redmi 6 Pro dan Redmi Note 5. Akan tetapi, saat menggunakan versi android ini, banyak yang mengalami kegagalan dalam aktifkan camera2api tersebut.

Sebelum masuk ke tutorial utamanya, pastikan kamu sudah memasang OrangeFox Recovery dengan membaca tutorial ini : Cara Mudah Memasang OrangeFox Recovery pada Smartphone Xiaomi Android Pie. Saya rekomendasikan karena tampilan dan fiturnya sangat memudahkan. Selain itu, saya berhasil mengaktifkan camera2api pada versi terbaru OrangeFox Recovery.

Aktifkan Camera2 API Tanpa Root

Proses instalasi HAL3 Enabler (Gambar: Dok. Pribadi)

Yakin tanpa root? Tenang saja, konsep root yang kita ketahui adalah ketika telah memasang Magisk. Jadi pada tutorial ini kita tidak memasang Magisk sehingga tidak di-root. Sebelum memulai, kamu unduh terlebih dahulu file penting ini.

Baca juga:  Cara Mematikan Fitur Suggestions pada Menu Recent Apps Xiaomi

Unduh dan simpan di memori internal kamu. Setelah itu, matikan smartphone dan hidupkan kembali dengan menekan tombol volume up + power secara bersamaan. Nantinya akan masuk ke menu recovery. Pada tab Files, kamu cari folder tempat hasil unduhan tadi. Tekan file .zip tersebut dan Swipe untuk melakukan instalasi.

Sukses Aktifkan Camera2 API
Sukses aktifkan Camera2 API tanpa root (Gambar: Dok. Pribadi)

Setelah selesai, kamu bisa tekan tombol Wipe Caches dan selanjutnya tekan lagi tombol Reboot System. Selanjutnya kamu instal aplikasi Manual Camera Compatibility menggunakan Playstore. Aplikasi ini yang sering digunakan untuk memastikan bahwa Camera2 API telah terinstal.

Jika semua telah tercentang, maka kamu telah berhasil aktifkan Camera2 API pada smartphone Xiaomi berbasis Android Pie. Sangat gampang bukan? Pada intinya jika ingin berhasil, pastikan memasang OrangeFox Recovery secara permanen bukan sementara.

Tutorial ini berlaku untuk semua smartphone Xiaomi yang menggunakan Android Pie dan kewalahan karena gagal terus. Pada tutorial ini juga kita tidak memasang Magisk sehingga tidak perlu root. Silahkan tinggalkan komentar jika mengalami kesulitan.

Tags

Michael Sihombing

Hanya seseorang anak muda yang gemar dengan dunia smartphone dan senang berbagi ilmu. Selalu tertarik dengan smartphone kece harga kere. Jangan lupa aktifkan notifikasi untuk bacaan menarik lainnya yah.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker