TipsTips Smartphone

Cara Membuat Video Tidak Goyang Tanpa Stabilizer pada Smartphone

Tanpa fitur EIS dan OIS, kita juga tetap bisa membuat video tidak goyang tanpa stabilizer di smartphone kamu.

Membuat Video Tidak Goyang
Ilustrasi (Gambar: Dok. Pribadi)

Perkembangan kamera smartphone kini mampu bersaing dengan kamera jenis DSLR yang harganya lebih mahal. Satu fitur yang cukup diminati pengguna smartphone adalah stabilizer. Meskipun begitu, fitur ini ternyata tidak hadir untuk seluruh jenis smartphone. Lalu, bagaimana cara membuat video tidak goyang tanpa stabilizer pada smartphone?

Fitur stabilizer yang dimaksud oleh saya tadi adalah EIS dan OIS. Singkatnya, EIS (Electronic Image Stabilization) merupakan fitur stabilisasi video yang menggunakan software bawaan. Beda dengan OIS (Optical Image Stabilization), fitur ini menggunakan hardware yang berkoordinasi dengan sensor gyro untuk menggerakkan lensa sehingga sejajar dengan objek dan tidak goyang.

Lalu bagaimana jika smartphone tidak punya fitur EIS dan OIS? Gampang saja, ada cara lebih mudah untuk menghasilkan video tidak goyang tanpa stabilizer jenis software maupun hardware.

Membuat Video Tidak Goyang

Membuat Video Tidak Goyang
Tutorial membuat video tidak goyang pada smartphone (Gambar: Dok. Pribadi)

Pertama-tama, buat sebuah video dengan menggunakan smartphone kamu. Nah setelah itu, kita membutuhkan aplikasi bernama Google Photos karena memiliki fitur Stabilise yang mampu membuat video kamu lebih stabil seolah menggunakan stabilizer ataupun alat sejenisnya.

Baca Juga :  Resmi! Begini Cara Pasang Kunci Fingerprint pada Aplikasi Whatsapp

Buka aplikasi Google Photos > pilih video kamu tadi > tekan tombol Edit yang ada di bagian tengah bawah > lalu pilih Stabilise. Selanjutnya kamu tinggal menunggu hingga video tersebut berhasil distabilkan. Nah, sekarang kamu liat deh hasilnya gimana. Tidak goyang bukan?

Perlu diketahui bahwa kabarnya fitur ini memotong bagian pinggir video agar lebih stabil. Jadi beberapa pengguna mengatakan bahwa videonya terpotong sedikit pada bagian pinggir namun memiliki hasil yang jauh lebih stabil. Ini tidak semua yah, hanya beberapa pengguna saja yang mungkin mengalami.

Nah begitulah cara mudah untuk membuat video tidak goyang tanpa stabilizer. Selain bisas menstabilisasi video, Google Photos juga memiliki fitur untuk membuat video slow motion pada detik tertentu. Jika ingin mengetahui caranya, kamu bisa mengunjungi link artikel di atas. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tags

Michael Sihombing

Hanya seseorang anak muda yang gemar dengan dunia smartphone dan senang berbagi ilmu. Selalu tertarik dengan smartphone kece harga kere. Follow Instagram @chael.sihombing.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
Close