TipsTips Xiaomi

Cara Mengatur Penggunaan Kuota Internet Perbulan pada Smartphone Xiaomi

Mengatur Penggunaan Kuota Internet

Kuota internet menjadi momok menakutkan bagi pengguna Xiaomi. Yah alasannya mungkin saja karena harga mahal. Maka dari itu, kita perlu mengatur penggunaan kuota internet perbulan agar bisa sesuai dengan batasan yang bisa kita keluarkan selama satu bulan.

Pada tips kali ini, saya akan memberikan tutorial bagaimana cara mengatur penggunaan kuota internet perbulan pada smartphone Xiaomi. Mengapa Xiaomi? Yah, smartphone tersebut memiliki fitur Data Plan yang sangat membantu sehingga bisa mengatur penggunaan kuota kita.

Singkatnya, misal kita memiliki kuota satu bulan hanya 15GB. Nah, nanti kita bisa melihat berapa kuota yang terpakai dan sisanya. Selain itu, kita juga bisa batasi penggunaan harian. Jadi jika 15GB mau digunakan 30 hari penuh, tentu 1 hari maksimal kita gunakan 500MB. Nah langsung saja simak tipsnya sebagai berikut.

Mengatur Penggunaan Kuota Internet Perbulan

Mengatur Penggunaan Kuota Internet
Langkah pertama yang harus kamu lakukan (Gambar: Dok. Pribadi)

Pertama-tama kamu masuk ke aplikasi Security > tekan ikon Setting > Data Usage > dan hidupkan pada SIM yang digunakan sebagai internet. Misalnya disini saya gunakan SIM 1. Selanjutnya masuk ke Data Plan. Nah disini letak pengaturan sebenarnya.

Pada Peak Data Limit, kamu isi dengan kuota selama satu bulan. Misalnya kuota 15GB dalam satu bulan. Pada bagian When Data Plan is Used Up, kamu bisa milih warning saja atau warning dan data akan otomatis mati (tetap bisa dihidupkan lagi kok jika lewat batas).

Data Usage Warning Level pilih pada saat berapa persen diberitahu bahwa kuota kamu sudah mau habis. Nah misal 90%. Selanjutnya Usage Reset Date, kamu isi saja tanggal berapa kuotanya bakal habis. Setelah itu, kamu kembali lagi ke menu sebelumnya dan pilih Set Data Usage Stats Manually > isi dengan angka .

Baca Juga :  Cara Menghilangkan App Vault, Panel Paling Kiri Smartphone Xiaomi

Maksudnya disini, data kamu sekarang hitungannya dari 0MB. Tapi sebelum kamu mencoba tutorial ini dan sudah berkurang contoh 1GB, yah kamu isi saja 1GB. Jadi dia akan otomatis berkurang dari 15GB ke 14GB. Selanjutnya pilih bagian Data Usage Warning.

Mengatur Penggunaan Kuota Internet
Contoh setelah diterapkan (Gambar: Dok. Pribadi)

Kamu tinggal hidupkan Daily Data Usage Limit agar membatasi pengguaan harian. Bagian Size adalah besar kuota perhari, ada 5%, 3%, 10% dan bisa kita atur sendiri. Cara menghitungnya, misal 10%, artinya perhari kamu gunakan kuota dengan batas 1.5GB dari 15GB. Jadi untuk habis dibutuhkan 10 hari. Begitu juga 5%, sekitar 750MB dan habis dalam waktu 20 hari.

Pada bagian When Exceeded, pilih kebutuhan kamu, diberi notifikasi atau ikut juga data mati. Pada bagian Show Warning on Lock Screen hidupkan saja dan Data Usage Warning adalah notifikasi sisa kuota perhari. Misal sudah sisa 5MB lagi satu hari ini, maka nanti akan ada notifikasi.

Sudah deh beres, kamu nanti bisa lihat penggunaan data kamu di Notifikasi Panel. Disitu nanti ada terlihat Today dan Remaining ataupun sisa. Ribet? Tidak, dipahami saja pelan-pelan dan sebenarnya sangat mudah kok mengaturnya. Jika ada kesulitan, kamu bisa memberitahu pada kotak komentar yang tersedia. Selamat mencoba yah.

Tags

Michael Sihombing

Hanya seseorang anak muda yang gemar dengan dunia smartphone dan senang berbagi ilmu. Selalu tertarik dengan smartphone kece harga kere. Follow Instagram @chael.sihombing.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close