TipsTips Xiaomi

Cara Mengetahui Apakah Smartphone Xiaomi Kamu Terkena Fake UBL atau Tidak

Status sudah Unlock? Pastikan lagi apakah smartphone Xiaomi kamu terkena Fake UBL atau tidak. Jangan sampai tertipu yah.

Fake UBL
Ilustrasi (Gambar: Youtube Android Explained)

Fake UBL (Unlock Boot Loader) atau UBL fiktif adalah kondisi dimana pada status Mi Unlock tertulis bahwa smartphone kamu telah UBL namun ketika dicek ternyata masih tetap terkunci. Hal ini biasanya sering ditemukan pada smartphone Xiaomi bergaransi distributor.

Apakah Fake UBL cukup meresahkan? Bagi saya sendiri cukup menyulitkan. Ketika kamu memutuskan untuk melakukan UBL dan mendapatkan akses root, kamu akan kesulitan jika kondisi smartphone kamu terkena Fake UBL.

Meskipun tertulis bahwa smartphone kamu sudah unlock, nyatanya setelah dicek, smartphone masih dalam keadaan lock atau terkunci. Dengan situasi ini, kamu tidak akan bisa memasang custom recovery seperti TWRP atau flashing ROM secara sembarang karena akan mengakibatkan bootloop. Lalu bagaimana cara mengetahuinya?

Mengetahui Fake UBL atau Tidak

Fake UBL
Status Unlock saat smartphone direstart (Gambar: panduanhape.com)

Dengan cara restart smartphone kamu. Nah, jika smartphone memang sudah UBL dari awalnya, maka sebelum masuk ke logo “MI“, nanti akan ada tulisan “Unlocked” beserta ikon gembok terbuka. Jika tampak seperti demikian, maka selamat, smartphone kamu ternyata memang sudah UBL.

Tapi jika tidak, maka smartphone kamu terkena Fake UBL. Mengapa? Seperti yang dikatakan tadi, pada status Mi Unlock di menu Developers, smartphone Xiaomi kamu menunjukkan tanda sudah UBL tapi saat direstart, tidak muncul tulisan “Unlocked“.

Baca Juga :  Rilis! Begini Cara Aktifkan Dark Mode WhatsApp Android
Fake UBL

Cara terakhir adalah dengan menggunakan fastboot mode. Caranya sangat gampang, kamu tinggal matikan smartphone dan hidupkan kembali dengan cara tekan dan tahan tombol volume bawah lalu tekan dan tahan juga tombol power. Nanti kamu akan masuk ke halaman fastboot.

Nah setelah itu, kamu sambungkan smartphone ke PC dengan USB. Selanjutnya pada folder ADB, jalankan CMD dan ketik “fastboot devices“. Jika ada satu baris bertuliskan angka dan huruf, maka fastboot kamu sudah terdeteksi. Selanjutnya tinggal ketik “fastboot oem device-info“.

Jika status unlock bertulis “true” maka smartphone kamu sudah UBL. Tapi jika “false” maka smartphone kamu belum UBL dan jika di status Mi Unlock ditulis sudah UBL tapi nyatanya hasilnya adalah “false” maka smartphone kamu terkena Fake UBL.

Nah begitulah dua langkah paling mudah mengentahui apakah smartphone Xiaomi kamu telah terkena Fake UBL atau tidak. Ingat, jangan coba-coba flash ROM melalui Updater ketika masih dalam Fake UBL. Kemungkinan akan terjadi yang namanya bootloop bahkan tidak bisa massuk ke sistem.

Untuk mengatasinya juga cukup menyulitkan yakni dengan menggunakan trik test point. Namun semua itu tergantung jenis smartphone Xiaomi-nya. Alangkah baiknya ketika terkena Fake UBL, kamu coba masuk ke grup ataupun komunitas seri smartphone kamu yang ada di Facebook untuk mendapatkan solussi terbaik.

Tags

Michael Sihombing

Hanya seseorang anak muda yang gemar dengan dunia smartphone dan senang berbagi ilmu. Selalu tertarik dengan smartphone kece harga kere. Follow Instagram @chael.sihombing.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close