web counter
TipsTips Xiaomi

Cara Mengganti DPI (Dot Per Inch) Smartphone Xiaomi Tanpa Aplikasi

MIUI 10
Ilustrasi

Salah satu cara melihat tingkat ketajaman dari layar smartphone kita adalah dengan mengetahui berapa besar Dot Per Inch atau yang lebih dikenal dengan DPI. Semakin tinggi angkanya, maka akan tampak semakin rapat dan terlihat lebih padat namun lebih kecil tentunya. Mengganti DPI ternyata bisa kita lakukan pada smartphone Xiaomi tanpa harus menggunakan aplikasi lain.

Mengganti angka dari DPI smartphone ditujukan agar teks, gambar dan lainnya terlihat lebih kecil atau besar. Mungkin layar smartphone kamu saat ini cukup besar di atas 6 inch dan tulisannya terbilang kecil juga terlihat tajam gambarnya. Kamu bisa menurunkan besaran DPI agar terlihat lebih besar di layar. Lalu bagaimana caranya?

Mengganti DPI (Dot Per Inch) Smartphone Xiaomi Tanpa Aplikasi

Mengganti DPI (Dot Per Inch) Smartphone Xiaomi
Langkah 1 (Gambar: Dok. Pribadi)

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah dengan mengaktifkan fitur Developer Options. Caranya sangat mudah, kamu tinggal masuk saja pada aplikasi Settings > About Phone dan tekan 5 kali pada bagian Versi MIUI. Nanti akan ada notifikasi bahwa kamu sudah membuka menu developers atau pengembangan.

Baca juga:  Membuat Google Assistant Mendeteksi Dua Bahasa Tanpa Ganti Bahasa Smartphone

Untuk selanjutnya, kamu bisa buka lagi aplikasi Settings > Additional Settings > Developers Options. Ketika sudah terbuka, silakan cari bagian Smallest Width dan ganti angkanya sesuka kamu. Jangan terlalu jauh yah dari angka semula. Silahkan coba dulu dengan angka berebeda dan tidak jauh tentunya dari semula.

Jika nilai DPI kamu turunkan, maka seluruh bagian pada layar terlihat lebih besar. Bukan hanya teks saja yah, gambar, notifikasi dan lainnya juga akan lebih besar. Begitu pula ketika nilai DPI kita naikkan, maka layar akan terlihat lebih kecil dan lebih rapat sehingga terlihat tajam.

Biasanya cara mengganti DPI pada smartphone adalah dengan menggunakan aplikasi tambahan. Tapi Xiaomi memberikan fitur bawaan smartphone tersebut pada menu Developers mereka. Jadi kamu jangan takut yah menggunakan fitur yang memang telah tersedia oleh Xiaomi sendiri.

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker