web counter
TipsTips Xiaomi

Cara Mudah Memasang OrangeFox Recovery pada Smartphone Xiaomi Android Pie

Pengen masang OrangeFox Recovery? Mudah, begini cara lengkapnya.

OrangeFox Recovery
OrangeFox Recovery (Gambar: Dok. Pribadi)

Recovery merupakan menu yang cukup membantu pengguna terutama untuk menghapus seluruh data smartphone. Xiaomi sendiri memiliki recovery utama bernama Mi Recovery. Akan tetapi, makin hari makin banyak recovery lain seperti yang populer saat ini adalah OrangeFox Recovery.

OrangeFox Recovery cukup populer bagi pengguna smartphone Xiaomi dengan basis Android Pie. Selain bisa mengatasi instal ROM yang terkena ARB, tampilan recovery ini memang hampir tidak ada duanya. Lalu, bagaimana sih sebenarnya cara memasang OrangeFox tersebut?

Sebelum memulai, saat ini saya menggunakan Redmi Note 5 dengan ROM Global Beta Android Pie. Jadi tutorial ini juga berlaku untuk smartphone lain Xiaomi dengan Android 9.0 Pie. Hal ini dilakukan karena ada masalah tersendiri saat instal recovery yang sudah menggunakan Android Pie, seperti layar blank dan masukkan password ketika masuk ke menu recovery.

Memasang OrangeFox Recovery

Pertama, pastikan smartphone kamu sudah UBL (Unlock Boot Loader). Saat ini saya belum membuat tutorialnya secara tersendiri. Ini adalah hal pertama dan utama yang harus dilakukan yah. Selanjutnya siapkan beberapa file di bawah ini.

  • Adb Fastboot : Versi 1.4.3 Portable
  • OrangeFox : Situs Resmi (sesuaikan dengan model ponsel kamu)
    Saya menggunakan Whyred (Redmi Note 5) dengan versi OrangeFox R10 Pie

Kedua, ekstrak file adb tadi di mana saja. Selanjutnya, kamu juga ekstrak file OrangeFox yang sudah diunduh. Nantinya akan ada file recovery.img pada folder tersebut. Copy dan pindahkan ke folder adb hasil ekstrak tadi. Ubah namanya terserah kamu agar lebih gampang, contohnya orangefox.img .

Memasang OrangeFox Recover_1
Posisi file setelah dipindahkan (Gambar: Dok. Pribadi)

Ketiga, file OrangeFox yang berbentuk .zip atau tidak diekstrak selanjutnya kamu pindahkan ke memori internal smartphone. Ingat yah, file .zip-nya bukan .img tadi. Berikut gambar yang bisa kamu lihat.

Memasang OrangeFox Recovery
Posisi file OrangeFox yang telah dipindahkan (Gambar: Dok. Pribadi)

Sampai disini, kita telah memenuhi tahap persiapan. Selanjutnya tinggal eksekusi saja. Selanjutnya matikan smartphone kamu. Tekan tombol volume down + power sampai masuk ke menu fastboot. Nah, selanjutnya pasang kabel USB dan colokkan ke laptop kamu.

Baca juga:  Cara Tampilkan Hari Libur Nasional pada Aplikasi Kalender Xiaomi

Keempat, buka folder adb tadi dan buka file “cmd-here.exe“. Nantinya akan terbuka file CMD. Tahap pertama, kamu ketikkan “fastboot devices” dan tekan enter. Jika terdeteksi, maka kamu bisa lanjut ke tahap selanjutnya. Akan tetapi, jika tidak ada fastboot yang terdeteksi, maka coba baca : Cara Mudah Mengatasi Fastboot Xiaomi yang Tidak Terdeteksi

Memasang OrangeFox Recovery
Langkah eksekusi melalui CMD (Gambar: Dok. Pribadi)

Setelah terdeteksi, selanjutnya kamu ketik “fastboot flash recovery orangefox.img“. Ketika hasilnya pada gambar di atas, maka OrangeFox Recovery pada dasarnya telah terpasang. Nah selanjutnya kita ketik “fastboot reboot“. Oh iya, sebelum enter pada tahap ini, tangan kamu sambil menekan tombol volume up dan tidak mencabut apapun yah.

Sambil menekan tombol, tekan enter untuk mengeksekusi. Nantinya akan restart dan masuk ke OrangeFox Recovery. Pada tahap ini, selanjutnya kita akan instal kembali file .zip yang ada di ponsel. Pada posisi tab Files, cari folder tempat file .zip OrangeFox Recovery tersebut. Tekan dan Swipe langsung untuk menginsal. Tunggu prosesnya hingga selesai dan akan terestart sendiri.

Memasang OrangeFox Recovery
Eksekusi kembali melalui OrangeFox Recovery (Gambar: Dok Pribadi)

Setelah masuk kembali ke menu OrangeFox Recovery, maka kamu telah berhasil. Selanjutnya tinggal masuk ke tab Menu > Reboot > System. Nanti akan restart kembali dan masuk ke layar utama smartphone.

Cara Masuk Ke Menu OrangeFox Recovery

Jika kamu ingin membuka kembali OrangeFox Recovery seperti mau instal ROM, file dan lainnya, tinggal matikan smartphone dan hidupkan kembali dengan cara tekan tombol volume up + power secara bersamaan. Jika nanti ada notifikasi swipe atau geser, cukup kamu geser pada tombol yang disediakan.

Bagaimana? Sangat mudah bukan? Sebenarnya cara ini sangatlah mudah dilakukan. Asal sesuai prosedur maka kamu tidak akan mengalami kesulitan seperti yang dirasakan orang banyak. Jika ada kesulitan pada tutorial ini, silahkan tinggalkan komentar dengan tipe smartphone kamu. Selanjutnya akan ada tutorial untuk instal Cam2Api dengan recovery ini. Jangan lupa nantikan tutorial berikutnya yah.

Tags

Michael Sihombing

Hanya seseorang anak muda yang gemar dengan dunia smartphone dan senang berbagi ilmu. Selalu tertarik dengan smartphone kece harga kere. Jangan lupa aktifkan notifikasi untuk bacaan menarik lainnya yah.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker