web counter
TipsTips Xiaomi

Cara Mudah Mencegah dan Mengatasi Layar Burn-In pada Smartphone Xiaomi

Layar kamu punya bayangan bekas aplikasi sebelumnya? Berikut cara mudah mencegah dan mengatasi layar burn-in pada smartphone Xiaomi.

Layar Burn-In ataupun juga disebut dengan nama Ghost Image merupakan kondisi dimana layar smartphone memiliki sebuah bayangan dari bekas aplikasi yang sebelumnya dibuka. Hal ini sangat mengganggu dan menjadi populer di kalangan pengguna Xiaomi karena beberapa pengguna didapati mengalami hal tersebut.

Belum diketahui pasti apakah sebenarnya ini merupakan kesalahan dari software smartphone tersebut atau malah memang kendala pada bagian hardware. Untuk beberapa kasus, layar yang terkena burn-in biasanya akan hilang dengan sendirinya.

Beberapa artikel juga menjelaskan bahwa kasus layar burn-in ini banyak ditemui pada LCD berteknologi AMOLED. Namun hal itu tidak benar seluruhnya, karena pengguna Redmi Note 5 Pro dengan layar IPS LCD juga dikabarkan banyak terkena.

Lalu bagaimana mencegah dan mengatasinya? Tenang saja, layar burn-in masih bisa diatasi dan tentunya dapat dicegah agar tidak terjangkit.

Cara Pertama

Dengan membawa smartphone tersebut ke Authorized Mi Store (lokasi lengkap) terdekat untuk mendapatkan pelayanan garansi. Kalau cara pertama ini dikhususkan untuk pengguna garansi resmi TAM. Biasanya, smartphone yang benar-benar terkena burn-in akan mendapatkan layar baru dan biayanya semua gratis.

Cara Kedua

Cara Mudah Mencegah dan Mengatasi Layar Burn-In pada Smartphone Xiaomi
Aplikasi Screen Burn-In Tool (Gambar: MIUI Forum)

Menggunakan aplikasi Screen Burn-In Tools yang tersedia di Playstore dan dapat diunduh secara gratis. Cukup instal aplikasi tersebut, buka dan jalankan tombol “Start” dan layar akan dioptimasi sehingga kita harus menunggu hingga bekas burn-in hilang sendirinya.

Untuk sekedar mengatasi yang sudah terjangkit, kamu dapat melakukan dengan dua cara di atas. Tapi perlu diketahui, tidak semua cara tersebut berhasil. Jika memang ingin pasti berhasil, bisa menggunakan cara yang pertama.

Baca juga:  Cara Mematikan Auto Text Correction pada Google Keyboard Smartphone

Selain cara untuk mengatasi, ada juga cara untuk mencegahnya. Sebenarnya ini adalah hal sepele namun bisa berdampak baik bagi smartphone kamu.

  1. Biasakan menggunakan layar dengan Brightness atau Tingkat Kecerahan di bawah 50%
  2. Jangan lama-lama di satu aplikasi dengan kondisi Brightness yang tinggi
  3. Jika ingin membaca saja, gunakan mode Read Mode agar tidak terlalu cerah namun jelas
  4. Hindari pembelian smartphone bergaransi Distributor untuk lebih amannya
  5. Masuk ke Setting > Display > Color > Pilih Cool untuk lebih adem layarnya

Nah itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mencegah munculnya kasus burn-in pada smartphone Xiaomi atau brand lainnya. Sampai saat ini, beberapa kasus burn-in muncul pada Redmi Note 5 Pro dan Redmi Note 4.

Satu hal lagi, jika berhasil mengatasi layar yang telah terkena burn-in, maka tidak ada jaminan jika hal tersebut bisa kembali lagi. Jika memungkinkan, kamu juga bisa mencoba berbagai ROM berbasis MIUI ataupun AOSP dan melihat apakah kasus tersebut terjadi pada ROM lainnya.

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker