web counter
TipsTips Xiaomi

Cara Mudah Root Smartphone Xiaomi Berbasis Android Pie

Beberapa pengguna mengeluhkan susah aktifkan Camera2 API tanpa root. Namun, tutorial ini bisa kamu jadikan solusi terakhir.

Root Smartphone Xiaomi Android Pie
Sukses Root Redmi Note 5 berbasis Android Pie (Gambar: Dok. Pribadi)

Tutorial sebelumnya telah membahas cara aktifkan Camera2 API tanpa harus root smartphone. Akan tetapi masih ada beberapa pengguna yang tidak berhasil sehingga cara terakhirnya adalah dengan root. Pada dasarnya ketika sudah UBL (Unlock Boot Loader) dan pasang custom recovery seperti PBRP, TWRP dan OrangeFox, root sudah tidak masalah lagi.

Root smartphone sebenarnya aman-aman saja asal tidak sembarangan memberikan izin akses. Kali ini saya akan memberikan cara termudah root smartphone Xiaomi yang telah menggunakan versi Android Pie. Yah, untuk versi android ini sendiri memiliki kesulitan tersendiri sehingga sehingga tutorial ini ditulis.

Sebelum memulai, saya menggunakan OrangeFox Recovery terbaru pada Redmi Note 5 dengan Android Pie. Pastikan kamu telah memasang recovery tersebut dengan membaca artikel Cara Mudah Memasang OrangeFox Recovery pada Smartphone Xiaomi Android Pie.

Root Smartphone Xiaomi Android Pie

Root Smartphone Xiaomi Android Pie
Menu install Magisk 19.1 untuk root (Gambar: Dok. Pribadi)

Setelah selesai tahap pemasangan OrangeFox Recovery, selanjutnya kita masuk pada bagian utama. Matikan smartphone dan masuk ke menu recovery dengan cara tekan tombol volume up + power hingga muncul menunya. Setelah terbuka, nantinya akan tampak empat tab pada bagian bawah.

Selanjutnya pilih tab Menu > Fox Addons > Instal Magisk 19.1. Pada bagian ini kamu pastikan nama menunya sama. Beberapa pengguna saya temui tertulis hanya “Instal Magisk” tanpa terlihat versinya. Jika sudah begini, ada kemungkinan kamu salah cara menginstal OrangeFox Recovery. Jadi sebaiknya ikuti Cara Mudah Memasang OrangeFox Recovery pada Smartphone Xiaomi Android Pie.

Baca juga:  Menjaga Tombol Power Agar Tidak Cepat Rusak tanpa Aplikasi pada Xiaomi
Root Smartphone Xiaomi Android Pie
Sukses instal Magisk pada OrangeFox Recovery (Gambar: Dok. Pribadi)

Ketika sudah klik Instal Magisk 19.1, kamu tekan tombol Reboot System. Setelah masuk ke lock screen, kamu tunggu beberapa saat hingga tampil aplikasi Magisk Manager. Ketika aplikasi tersebut telah muncul, maka artinya kamu telah berhasil root smartphone Xiaomi kamu. Selanjutnya tinggal cek menggunakan Root Checker di Playstore. Hasilnya bisa kamu lihat pada gambar pertama.

Nanti kamu tekan tombol “Izinkan” saat membuka aplikasi Root Checker. Sudah deh berhasil, sangat gampang bukan? Pada intinya kamu harus mengikuti tutorial dari awal dengan seksama. Cara ini juga bisa menjadi solusi terakhir bagi kamu yang sangat ingin aktifkan Camera2 API tapi masih gagal ketika mengikuti tutorial yang tanpa root.

Jika ada masalah, kamu bisa menanyakannya melalui kotak komentar yang tersedia. Tutorial ini sangat dikhususkan buat pengguna Android Pie. Akan tetapi, tutorial ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan root smartphone Android Oreo lainnya.

Tags

Michael Sihombing

Hanya seseorang anak muda yang gemar dengan dunia smartphone dan senang berbagi ilmu. Selalu tertarik dengan smartphone kece harga kere. Jangan lupa aktifkan notifikasi untuk bacaan menarik lainnya yah.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker