TipsTips Xiaomi

Cara Mudah dan Terbaru Screenshot Panjang Xiaomi

Mudah loh, begini cara screenshot panjang ala Xiaomi

Screenshot SS Panjang Xiaomi
Hasil screenshot panjang Xiaomi (Gambar: Dok. Pribadi)

Xiaomi pada versi MIUI terkini telah menghadirkan fitur screenshot yang bisa discrolling sampai ke bawah. Biasanya orang-orang menyebut fitur ini screenshot atau SS panjang Xiaomi. Mengapa? Karena hasil potongan gambarnya akan tampak panjang ke bawah nantinya.

Berbeda dengan screenshot pada umumnya, kita perlu melakukan scrolling hingga ke area yang kita inginkan. Fitur ini bisa digunakan untuk semua seri Xiaomi baik Mi dan Redmi. Untuk mempermudah kamu, sebenarnya ada cara lebih mudah dan terbaru untuk melakukan SS panjang yang dimaksud.

Trik simpel ini lebih baik karena membantu menjaga ponsel kamu dari kerusakan fisik. Simak video dan tutorial berikut ini.

Screenshot atau SS Panjang Xiaomi

Screenshot SS Panjang Xiaomi
Screenshot atau SS Panjang Xiaomi (Gambar: Dok. Pribadi)

Pertama, pastikan kamu sudah menggunakan MIUI 10 ataupun MIUI 11. Fitur screenshot atau ss panjang Xiaomi ini akan bekerja maksimal pada versi MIUI tersebut. Selanjutnya masuk ke bagian aplikasi Settings, lalu Additional Settings atau Pengaturan Tambahan.

Selanjutnya pilih menu Button Shortcuts dan pilih Take a Screenshot. Pada pilihan ini, kamu disarankan menggunakan Slide 3 Fingers Down. Jadi gunakan tiga usapan jari ke bawah untuk melakukan screenshot Xiaomi.

Baca Juga :  Cara Cepat Hapus Akun Google di Ponsel Xiaomi

Selanjutnya, buka aplikasi yang ingin di screenshot panjang dan gunakan tiga jari kamu bersamaan dan usap ke bawah. Nantinya akan tampak potongan gambar di arah sudut kanan atas. Selanjutnya, tekan tombol Scroll.

Nah, langkah selanjutnya, kamu tinggal geser ke bawah hingga batas yang kamu tentukan. Jangan terlalu panjang yah, karena nanti hasilnya terasa sangat kecil sekali ketika dibagikan ke sosmed. Setelah itu tekan tombol Done untuk menyelesaikan.

Hasil screenshot atau ss panjang Xiaomi bisa langsung kamu lihat nantinya. Caranya sangat mudah, hanya saja berbeda menu untuk MIUI 11 dan MIUI 10. Biasanya MIUI 10 harus menekan gambar hasil screenshot dahulu lalu nanti tampak tombol Scroll.

Bagaimana, sangat mudah bukan? Fitur ini tanpa aplikasi tambahan dan bisa kamu coba di seri Mi dan Redmi. Tapi pastikan kamu tidak menggunakan MIUI 9 karena sepertinya fitur ini belum tersedia untuk versi jadul tersebut.

Satu lagi, fitur ini masih ada beberapa masalah. Untuk beberapa aplikasi mungkin tidak bisa berjalan ketika melakukan scrolling. Jika demikian, kamu bisa coba aplikasi pihak ketiga di Google Playstore. Selamat mencoba.

Tags

Michael Sihombing

Hanya seseorang anak muda yang gemar dengan dunia smartphone dan senang berbagi ilmu. Selalu tertarik dengan smartphone kece harga kere. Follow Instagram @chael.sihombing.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close