web counter
Featured

IMEI Tidak Terdaftar di Database Situs Kemenperin, Apakah Wajar?

Meskipun menggunakan smartphone resmi, ternyata beberapa pengguna menemukan bahwa IMEI tidak terdaftar di situs Kemenperin.

IMEI Tidak Terdaftar di Kemenperin
Contoh IMEI yang tidak terdaftar dalam situs Kemenperin (Gambar: Dok. Pribadi)

Pemerintah sepertinya sedang serius memberantas peredaran smartphone dengan jalur tidak resmi (Black Market). Hal ini sangat berdampak pada pengguna smartphone bergaransi Distributor. Melalui Kemenperin (Kementerian Perindustrian), pihak pemerintah kini merilis situs untuk masyarakat agar bisa melakukan pengecekan IMEI. Nantinya, IMEI yang tidak terdaftar akan melakukan rangkaian pemblokiran sehingga tidak bisa digunakan.

Sebelum membahas lebih jauh, kamu bisa melakukan pengecekan IMEI smartphone dengan dial *#06#* atau melihatnya pada bagian belakang kotak smartphone. Angka yang muncul selanjutnya kamu masukkan dalam situs resmi imei.kemenperin.go.id. Jika smartphone kamu resmi, maka akan tertulis bahwa IMEI terdaftar di database, namun jika bergaransi tidak resmi, maka IMEI tidak terdaftar dalam database.

Lalu, bagaimana jika smartphone kamu garansi resmi tetapi tidak terdaftar di database Kemenperin, apakah wajar? Jawabannya adalaha sangat wajar. Banghape melakukan beberapa kali pengecekan dengan menggunakan IMEI asal-asalan dan hasilnya ternyata terdaftar di database mereka. Coba lakukan pengecekan IMEI dengan angka “1” atau “3” atau “12” dan lainnya.

Lalu apa artinya? Artinya situs Kemenperin masih memilii banyak permasalahan sistem yang masih belum bisa kita jadikan patokan bahwa smartphone kita akan diblokir atau tidak. Pemblokiran akan dilakukan terhadap smartphone yang tidak terdaftar akan dilakukan melalui provider yang kita gunakan. Sehingga nantinya ponsel kamu tidak akan bisa menggunakan internet lagi.

Baca juga:  POLLING: Xiaomi Garansi Resmi atau Distributor?

Meskipun terlihat sigap, sepertinya aturan ini akan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk diimplementasikan. Oleh karena itu, masyarakat saat ini tidak perlu menjadikan situs tersebut menjadi patokan. Jika kamu nantinya melakukan pengecekan namun masih belum terdaftar, maka hal itu masih wajar karena sistemnya masih belum sempurna.

Pertanyaan Seputar Pemblokiran IMEI

IMEI Tidak Terdaftar di Kemenperin
Beberapa pertanyaan daftar seputar pemblokiran IMEI (Gambar: Dok. Pribadi)

Pengguna distributor juga diharapkan tidak perlu khawatir mengenai smartphone mereka karena pihak pemerintah tentu memberikan masa pemutihan untuk menggunakan smartphone kamu. Seperti yang bisa kamu lihat dalam poin pertama bahwa smartphone yang tidak terdaftar “tidak langsung diblokir tetapi ada ketentuan atas masa pakainya“. Poin ini berlaku untuk smartphone tidak resmi sebelum 17 Agustus.

Sudah saatnya kita mulai menggunakan produk-produk resmi yang dibuat langsung oleh tangan anak bangsa. Menggunakan smartphone resmi juga menjaga keamanan data kamu dan selalu mendapatkan layanan servis yang terbaik jika mengalami kerusakan. Ingat untuk tidak khawatir jika IMEI tidak terdaftar dalam database Kemenperin. Situs tersebut masih terbilang baru dan banyak kecacatan sistem (bug).

Tags

Michael Sihombing

Hanya seseorang anak muda yang gemar dengan dunia smartphone dan senang berbagi ilmu. Selalu tertarik dengan smartphone kece harga kere. Jangan lupa aktifkan notifikasi untuk bacaan menarik lainnya yah.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker