web counter
ReviewReview Smartphone

Kenal Singkat ASUS Zenfone Max M2: Smartphone Gaming Kece Harga Kere

Asus Zenfone Max M2 (ZB633KL)
Asus Zenfone Max M2 (Gambar: Facebook ASUS Indonesia)

Persaingan smartphone kelas menengah pada akhir tahun 2018 lalu ditutup dengan sangat dramatis oleh kehadiran ASUS Zenfone Max Pro M2 dan ASUS Zenfone Max M2 yang menjadi saudara terkecilnya. Di tengah banyaknya perilisan smartphone kelas menengah, ASUS terbilang ‘hebat’ dan tentunya ‘berani’ menghadirkan smartphone dengan chipset Snapdragon 660 dan Snapdragon 632 untuk range harga 2 jutaan.

Pada kesempatan kali ini, Banghape akan kenalin secara singkat seri ASUS Zenfone Max M2 (ZB633KL) buat kamu yang menginginkan smartphone gaming kece dengan harga yang lebih kere lagi. Lalu, apa saja sih yang membuat seri ASUS tanpa embel-embel ‘Pro’ ini sangat cocok untuk gaming? Namun sebelum itu, kita lihat dulu yuk tabel spesifikasi smartphone ini.

Spesifikasi

Model ZB633KL
Platform  
Chipset Qualcomm SDM632 Snapdragon 632 (14 nm)
CPU Octa-core (4×1.8 GHz Kryo 250 Gold & 4×1.8 GHz Kryo 250 Silver)
GPU Adreno 506
OS Android 8.1 Oreo
Memori  
RAM 3GB, 4GB
Internal 3GB/32GB, 4GB/64GB
Eksternal microSD, hingga 2TB (slot pisah)
Layar  
Tipe IPS LCD (notch)
Ukuran 6,3 inci
Resolusi 720 x 1520 piksel (kerapatan ~267 ppi)
Rasio 19:9
Bodi  
Dimensi 158.4 x 76.3 x 7.7 mm
Berat 160 gr
SIM Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Kamera  
Utama 13MP (PDAF, F/1.8) +
2MP (depth sensor)
Selfie 8MP (F/2.0)
Fitur LED Flash, HDR, Panorama, AI Scene Detection, Beauty, Filters
Video 1080p@30fps
Jaringan  
Teknologi GSM / HSPA / LTE
WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n, WiFi Direct, hotspot
Bluetooth Tersedia (Bluetooth 4.2)
GPS Tersedia
NFC Tidak tersedia
Radio Tersedia
Lainnya  
Jack Audio Tersedia
USB microUSB 2.0
Sensor Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, proximity, compass, ambient light sensor
Baterai Li-Po 4.000 mAh (non removeable)
Warna Black. Blue, Grey
Fitur Lain Fast battery charging
USB OTG
Soft Light LED
Face Unlock

Layar Gede

Asus Zenfone Max M2
Layar ASUS Zenfone Max M2 (Gambar: Situs Resmi ASUS ID)

Hal pertama yang harus digunakan smartphone gaming adalah layar gede, tapi dengan batasan masih mampu digenggam oleh satu tangan. ASUS mejawab kebutuhan pertama tersebut dengan menghadirkan layar 6.3 inch dengan resolusi HD+ berasio 19:9. Hal ini sangat menguntungkan bagi pemain MOBA ataupun game sejenis PES (Pro Evolution Soccer).

Tidak hanya untuk gaming, layar dengan rasio 19:9 ini cukup baik dalam mendukung aktifitas sehari-hari seperti bermain sosial media, streaming video dan browsing karena memiliki cakupan layar yang lebih luas. Kamu juga tidak perlu khawatir, pada Zenfone Max M2 ini sudah dilengkapi dengan tren poni yang menjadi tempat sensor kamera, speaker dan beberapa sensor lainnya.

Performa Mumpuni

Setting Graphics Ultra pada Game Free Fire (Gambar: Blog Oom Yahya)

Meskipun tidak bisa menjadi yang terbaik, seri ini tentu mempunyai performa yang mumpuni karena sudah menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 632. Chipset ini merupakan upgrade dari seri Snapragon 625 yang memiliki performa CPU lebih tinggi namun hemat daya dan tidak panas. Chipset ini memiliki konfigurasi octa-core dengan frekuensi hingga 1,8 GHz.

Meskipun segi clock speed masih lebih rendah daripada Snapdragon 625, seri Snapdragon 632 masih tetap unggul karena sudah mengunakan core Kryo yang umumnya hadir pada smartphone kelas atas. Rata-rata chipset seri Snapdragon 800-an sudah banyak menggunakan core Kryo karena terbukti unggul dari segi performa.

Melansir tulisan Blog Oom Yahya (13/1/2019) lalu, dikatakan ponsel ini mampu memainkan game Free Fire dengan enteng. Tidak hanya disitu, pengaturan kualitas grafik juga terbuka sampai Ultra dan FPS juga mampu mendapatkan setting High meskipun harus memboroskan baterai. Dengan pengaturan seperti ini, main game pun bakal terasa sangat nyaman.

Asus Zenfone Max M2
Skor Antutu Zenfone Max M2 dengan Snapdragon 632 (Gambar: Situs Resmi ASUS)

Tidak sampai disitu saja, dalam situs resmi ASUS Indonesia juga menyebutkan bahwa Zenfone Max M2 memiliki skor Antutu 103.372 yang jauh lebih tinggi ketimbang smartphone dengan Snapdragon 625 yang memiliki rata-rata skor 78.202.

Performa smartphone ini juga didukung dengan dua varian RAM 3GB dan 4GB. Kapasitas RAM seperti ini sudah sangat baik untuk kamu bermain game dan mendukung aktifitas bersosial media. Pindah-pindah aplikasi jadi makin cepat deh.

Lebih Ringan

Asus Zenfone Max M2
ASUS Zenfone Max M2 Menggunakan Stock Android 8.0 Oreo (Gambar: Situs Resmi ASUS)

Bukan ringan dari segi berat yah, namun ringan dalam pemakaian sehari-hari. Mengapa? Jelas saja, Zenfone Max M2 sudah menggunakan sistem tatap muka Stock Android dengan kinerja yang lebih ringan, cocok untuk game tanpa banyak aplikasi bawaan yang memberatkan performa. Selain itu, ASUS juga menawarkan OS Android 8.0 Oreo yang terkenal ringan dan memanjakan pengguna dengan hadiah Google Drive berkapasitas 100GB secara gratis.

Baterai Jumbo

Asus Zenfone Max M2
ASUS Zenfone Max M2 dengan Baterai 4.000 mAh (Gambar: Situs Resmi ASUS)

Waduh kalau ini sih sudah jadi makanannya ASUS. Hal ini terlihat dari perilisan seri M1 dan berlanjut ke seri yang ada sekarang. ASUS selalu mendatangkan baterai jumbo untuk mendukung aktifitas gaming. Bahkan, seri Zenfone Max M2 tanpa embel-embel ‘Pro’ sendiri masih tetap diberikan baterai 4.000 mAh.

Beberapa pesaing mungkin melakukan penekanan harga dengan menghadirkan baterai 3.000-an mAh dengan chipset yang sama. Namun ASUS beda, pihaknya menjawab kebutuhan utama gamers yang tidak ingin cepat habis baterai saat bermain. Situs resmi ASUS menyebutkan bahwa baterai dengan kapasitas seperti ini mampu memainkan game Free Fire sampai 8 jam dan nonton video hingga 21 jam. Cukup memuaskan bukan?

Fitur Lengkap

Asus Zenfone Max M2
Fitur AI pada ASUS Zenfone Max M2 (Gambar: Situs Resmi ASUS)

Smartphone gaming sejatinya merupakan ponsel dengan spesifikasi tinggi dan juga mampu melakukan aktifitas lainnya. Satu fitur pelengkap seri Zenfone Max M2 ini adalah dual kamera 13MP + 2MP dengan bukaan lensa f/1.8. Kamera tersebut juga sudah dilengkapi dengan fitur AI yang mendeteksi hingga 13 momen untuk mendapatkan hasil sempurna sesuai dengan momen yang ada.

Contohnya saja kita ingin foto daun. Nantinya fitur AI tersebut akan mendeteksi objek dan suasana sekitar sehingga nantinya warna yang ditampilkan akan lebih hijau contohnya. Lalu, bagaimana dengan kamera selfie? Untuk selfie sendiri, ASUS memberikan kamera 8MP dengan fitur Softlight LED Flash dan juga Real Time Beautification.

Selain kamera, ASUS juga menawarkan slot dual SIM + microSD secara terpisah sehingga banyak diminati oleh kalangan muda. Dengan demikian, kamu tidak perlu lagi deh gonta-ganti kartu untuk menggunakan slot microSD. Beberapa fitur tambahan yang diberikan oleh ASUS sendiri seperti fingerprint dan face unlock yang menjadi pengaman ponsel kamu.

Harga Kere

Asus Zenfone Max M2
Perilisan ASUS Zenfone Max M2 (Gambar: Facebook ASUS ID)

“Speknya keren, fiturnya mumpuni, pasti mahal nih”. Hohoho, tidak semudah itu ferguso. Jangan khawatir, harga ini cocok untuk kita yang kere tapi pengen terlihat kece. Zenfone Max M2 dijual mulai dari 2,299 juta untuk varian RAM 3GB dengan internal memori 32GB dan 2,699 juta untuk varian RAM 4GB dan internal 64GB.

“Ah, ghoib nih”. Tenang saja, ASUS telah  belajar dari perilisan seri sebelumnya. ASUS telah memilih setidaknya 14 toko di seluruh Indonesia sebagai tempat pertama untuk menghadirkan produknya segera. Jadi kamu tidak perlu khawatir lagi deh harganya bakal melambung jauh.

Nah, mungkin demikianlah kenalan singkat Zenfone Max M2. Semoga tulisan ini bisa memberikan gambaran bagi kamu yang ingin memiliki smartphone baru dengan tujuan bermain game dan bisa mendukung aktifitas kamu. Dengan Zenfone Max M2, sudah gak ada lagi tuh istilah smartphone gaming harus mahal.

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker