web counter
AplikasiSosial Media

Resmi! Begini Cara Pasang Kunci Fingerprint pada Aplikasi Whatsapp

Akhirnya resmi nih, kamu bisa tambahkan sensor sidik jari ketika membuka aplikasi Whatsapp loh

Kunci Fingerprint Sidik Jari Whatsapp
Fitur kunci sidik jari ataupun Fingerprint pada aplikasi Whatsapp Android (Gambar: Dok. Pribadi)

Whatsapp sebelumnya telah merilis tambahan fitur keamanan berupa Face ID dan Touch ID pada ponsel iPhone. Kini pengguna Android tidak perlu merasa iri karena pihaknya telah merilis fitur yang serupa secara resmi. Fitur Lock Fingerprint kini bisa kita gunakan pada aplikasi Whatsapp.

Singkatnya, fitur ini memungkinkan agar setiap membuka aplikasi, kita harus menggunakan sensor sidik jari. Akan tetapi, fitur ini hanya baru bisa memasangkan kunci sidik jari bukan kunci wajah. Lalu, bagaimana sih mendapatkan dan menggunakan fitur ini?

Kunci Sidik Jari atau Fingerprint pada Whatsapp Android

Kunci Fingerprint Sidik Jari Whatsapp
Langkah aktifkan fitur (Gambar: Dok. Pribadi)

Pertama-tama, pastikan kamu mengunduh ataupun memperbaharui aplikasi Whatsapp ke versi terbaru. Kamu tidak perlu bergabung ke beta tester karena fitur tersebut sudah tersedia untuk umum. Pastikan pula kamu sudah memasang sidik jari pada pengaturan smartphone kamu.

Baca juga:  Cara Aktifkan Fitur Dark Mode Youtube Tanpa Aplikasi Mod

Selanjutnya, buka aplikasi Whataspp, pilih ikon Menu pada bagian sudut kanan atas dan pilih menu Setelan. Setelah itu, masuk ke Akun, Privasi dan geser ke bawah hingga menemukan menu Kunci Sidik Jari. Silahkan hidupkan dengan menggeser tombol tersebut.

Pada bagian menu tersebut akan tersedia fitur untuk menentukan waktu munculnya kunci sidik jari. Kamu bisa memilih Segera, Setelah 1 menit atau bahkan Setelah 30 menit. Selain itu, kamu bisa memilih pengaturan apakah konten notifikasi Whatsapp akan terlihat atau dihilangkan jika ada pesan baru.

Perlu diingat, smartphone kamu harus memiliki fitur dan sensor sidik jari tentunya. Jadi, sidik jari yang digunakan nantinya bukanlah sidik jari baru melainkan yang telah tersimpan pada pengaturan smartphone. Sampai di sini, kamu sudah sukses menggunakan fitur kunci sidik jari aplikasi Whatsapp.

Jika kamu belum mendapatkan fitur ini, mungkin ada alternatif dengan menggunaakn App Lock yang ada pada smartphone kamu. Konsepnya sama saja. Akan tetapi beberapa pengguna mungkin lebih nyaman jika fitur kunci sidik jari tersebut berasal dari aplikasi Whatsapp langsung.

Tags

Michael Sihombing

Hanya seseorang anak muda yang gemar dengan dunia smartphone dan senang berbagi ilmu. Selalu tertarik dengan smartphone kece harga kere. Jangan lupa aktifkan notifikasi untuk bacaan menarik lainnya yah.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close