web counter
ReviewReview Aksesoris

Review Mi Band 4 Indonesia: Gelang Pintar Terlengkap, Harga 300 Ribuan

Biar gak penasaran, yuk lihat review Mi Band 4 terbaru ini

Review Mi Band 4 Indonesia
Tampilan Mi Band 4 ketika dipakai (Gambar: Dok. Pribadi)

Setelah lama dibeli, akhirnya saya berkesempatan untuk review salah satu produk aksesoris Xiaomi yang sedang naik daun saat ini, Mi Band 4. Smartband atau gelang pintar ini mengalami peningkatan besar-besaran dari berbagai sisi. Tidak hanya itu, Mi Band 4 sudah resmi dipasarkan di Indonesia dengan harga 399 ribuan.

Sedikit bercerita, review ini saya buat setelah harga resmi dirilis. Jadi, versi Mi Band 4 yang saat ini saya gunakan adalah versi Global. Pembelian dilakukan secara online di luar negeri sehingga memakan waktu untuk sampai.

Selain versi Global, Mi Band 4 juga memiliki versi China. Pembedanya hanya tambahan satu fitur pembayaran pada versi tersebut. Untuk bahasa sendiri tentunya sudah mendukung Bahasa Indonesia jika sudah terhubung dengan aplikasi Mi Fit. Nah, langsung saja simak review ala Banghape mengenai Mi Band 4 ini.

Isi Box

Review Mi Band 4 Indonesia
Kelengkapan box Mi Band 4 (Gambar: Dok. Pribadi)

Box Mi Band 4 kali ini cukup unik dan terbilang simpel dengan balutan akan “4” yang besar. Setelah dibuka, nanti kita akan menemukan Mi Band 4 itu sendiri, charger dock dan buku manual yang saya bilang cukup tebal. Yah tidak banyak lah isinya.

Charger Dock yang saya maksud di sini adalah tempat untuk charging. Berbeda dengan Mi Band 3, pengecasan dilakukan dengan memasukkan Mi Band 4 ke dalam dock. Pihak Xiaomi sendiri tidak memberikan kepala charger buat ngecas. Jadi kamu bisa gunakan kepala charger smartphone kamu yah.

Desain

Review Mi Band 4 Indonesia
Desain Mi Band 4 (Dok. Pribadi)

Berbicara mengenai desain, saya cukup puas karena lebih besar dari Mi Band 2 yang dulu saya gunakan. Jadi terlihat seperti menggunakan jam tangan dan tidak kecil layaknya gelang biasa seperti Mi Band 2 sebelumnya. Bagian bawah gelang sedikit menonjol karena memiliki pulse sensor untuk denyut nadi.

Jadi, bagian terebut akan mengeluarkan sensor berwarna hijau untuk mendeteksi denyut nadi. Perlu diketahui, Mi Band 4 ini menggunakan layar OLED dan tombolnya kini tidak cekung seperti Mi Band 3 sebelumnya.

Untuk desain gelangnya sendiri sama saja dengan Mi Band 3 bahkan Mi Band 2 sebelumnya. Hanya saja, gelang pada Mi Band 4 ini lebih rapat sehingga terbilang sulit untuk jatuh bahkan membukanya bagi saya cukup susah.

Yah wajar saja, jika kamu pernah menggunakan Mi Band 2, maka kejadian band yang tiba-tiba hilang bukan hal baru lagi. Bukan karena hal gaib, namun memang gelangnya yang tidak rapat sehingga mudah keluar. Selebihnya, bagian desain dari Mi Band 4 secara keseluruhan cukup memuaskan bagi saya.

Fitur

Review Mi Band 4 Indonesia
Fitur Mi Band 4 dapat aktif ketika terhubung dengan Mi Fit (Gambar: Dok. Pribadi)

Nah ini yang paling menarik dibahas. Hal paling mencolok dari Mi Band 4 adalah sudah menggunakan layar berwarna. Fitur lainnya adalah bisa ganti tampilan layar utama, sensor denyut nadi, alarm, kustom getar, deteksi gerakan, cuaca, notifikasi, kontrol musik, atur kecerahan dan lainnya.

Fitur deteksi gerakan bagi saya sudah lebih akurat. Pada Mi Band 2, gerakan tangan sering kali dianggap satu langkah padahal kaki kita tidak beranjak. Namun, pada Mi Band 4 hal itu diperbaiki dan saya coba mengayunkan tangan, langkah tidak bertambah.

Baca juga:  Kenal Singkat ASUS Zenfone Max M2: Smartphone Gaming Kece Harga Kere

Ganti tampilan Mi Band 4 juga menjadi fitur andalan. Pada aplikasi Mi Fit sendiri hanya menyediakan beberapa tampilan saja. Tetapi, dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, maka banyak tampilan yang bisa kita gunakan.

Fitur notifikasi juga menjadi lebih rapi. Meskipun begitu, ada kekurangan seperti notifikasi chat WA yang masuk adalah chat terakhir dari satu pengguna saja. Kita tidak bisa melihat chat sebelumnya pada satu nama pengguna.

Satu hal yang membuat menarik lagi adalah custom brightness. Dengan fitur ini, kita bisa mengatur tingkat kecerahan layar layaknya sebuah smartphone. Jadi gak ada lagi tuh masalah layar semakin redup terkena cahaya matahari.

Pada Mi Band 4 ini, kontrol musik juga sudah tersedia. Kita hanya bisa mengganti lagu sebelum, sesudah, play dan stop. Jadi aplikasi musik harus dinyalakan dahulu baru terdeteksi. Untuk aplikasi sendiri sudah rata-rata mendukung seperti JOOX, Spotify, aplikasi musik bawaan dan lainnya.

Baterai

Review Mi Band 4 Indonesia
Pengisian baterai Mi Band 4 dengan powerbank Xiaomi (Gambar: Dok. Pribadi)

Saya sendiri orangnya yang cukup boros karena mengaktifkan semua fitur. Jadi Mi Band 4 selalu aktif yang artinya Bluetooth juga akan menyala terus. Selain itu, saya juga selalu mengaktifkan fitur deteksi denyut otomatis bahkan sewaktu tidur.

Penggunaan boros seperti ini mampu membuat baterai bertahan dari 100% – 0% selama 10 hari. Ingat yah, semua fitur notifikasi dan lainnya saya hidupkan selalu. Beberapa teman saya juga mampu mendapatkan ketahanan baterai hingga 20 hari, namun tidak terlalu sering menghubungkan Mi Band 4 dengan aplikasi Mi Fit.

Bahkan saya baca di beberapa grup, semakin lama digunakan ataupun dicas berulang kali, ketahanan baterai Mi Band 4 ini menjadi lebih lama. Saya masih belum bisa buktikan karena baru memakai 1 bulan dan mengecas baru 2 kali saja.

Harga

Review Mi Band 4 Indonesia
Detail firmware Mi Band 4 saat ini (Gambar: Dok. Pribadi)

Jika berbicara mengenai harga, saya tidak bisa berkata banyak. Intinya, dengan fitur yang lengkap ini, Mi Band 4 adalah yang terbaik. Meskipun dalam beberapa sisi masih ada kekurangan. Namun itu semua tergantung selera masing-masing.

Harga pembelian Mi Band 4 Global ini saya dapatkan sekitar 330 ribuan. Saat itu memang ada promo. Jangan ditiru yah, lebih baik menggunakan versi resmi yang dijual sekitar 399 ribuan. Ingat yah, itu harga resmi dan tentunya memiliki garansi yang mudah diklaim.

Kesimpulan

Review Mi Band 4 Indonesia
Whatface utama pada Mi Band 4 (Gambar: Dok. Pribadi)

Jadi kesimpulannya, Mi Band 4 cocok buat kamu yang sering olahraga dan pengen terlihat trendi. Meskipun harganya murah, berbagai fitur yang ditawarkan tidak kalah dengan gelang pintar lainnya.

Kalau kamu memiliki uang lebih dan berencana membeli Mi Band 3, sebaiknya mulai berpikir kembali untuk memilih Mi Band 4. Karena fiturnya jauh lebih lengkap dan layarnya kini sudah berwarna. Yah daripada nyesal di kemudian hari.

Mungkin review mengenai Mi Band 4 sampai di sini dulu. Untuk trik dan fitur tersembunyi lainnya akan saya buat pada postingan yang akan datang. Jangan lupa berikan komentarmu mengenai gelang pintar Xiaomi kali ini yah.

Oh iya, maaf sebelumnya jika foto terlihat lebih buram. File aslinya cukup besar jadi harus dikompress dulu agar tidak lama saat membuka postingan ini. Setidaknya kamu bisa melihat gambaran bagaimana Mi Band 4 itu sesungguhnya.

Galeri

Review

Desain - 8
Fitur - 8.5
Baterai - 9
Harga - 8.5

8.5

Total Poin

Kesimpulan: Mi Band 4 cocok buat kamu yang kekinian tapi terbatas akan dana. Selain itu, buat yang hobi olahraga, mungkin Mi Band 4 bisa jadi pilihan. Murah dan fitur lengkap merupakan keunggulan utama Mi Band 4 ini.

User Rating: 5 ( 1 votes)

Tags

Michael Sihombing

Hanya seseorang anak muda yang gemar dengan dunia smartphone dan senang berbagi ilmu. Selalu tertarik dengan smartphone kece harga kere. Jangan lupa aktifkan notifikasi untuk bacaan menarik lainnya yah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close