TipsTips Xiaomi

Trik Mudah Meringankan Memori Internal pada Smartphone Xiaomi

Meringankan memori internal pada Xiaomi sebenarnya sangat banyak. Cara ini adalah salah satunya dan bisa diterapkan ketika mendadak.

Trik Mudah Meringankan Memori Internal pada Smartphone Xiaomi
Ilustrasi (Gambar: Tribunnews.com)

Xiaomi saat ini tidak lagi menghadirkan smartphone dengan memori internal yang terbilang sedikit. Hal ini wajar dilakukan untuk mendukung sistem MIUI yang terbilang cukup besar file sistemnya. Maka dari itu, meringankan memori internal dengan menghapus cache aplikasi adalah hal yang sering dilakukan pengguna.

Cara ini terbilang cukup populer untuk meringankan memori internal karena pada dasarnya cache file suatu aplikasi tersimpan dalam memori dan tentunya menguras kapasitas memori kamu. Mungkin banyak yang belum tau apa itu cache files.

Singkatnya, file cache aplikasi itu adalah file yang disimpan untuk nantinya bisa digunakan lagi dengan lebih cepat. Contohnya saat kita membuka Facebook, nanti akan ada gambar dan teks juga video. Gambar ini akan terunduh dan tersimpan dalam bentuk file cache.

Jadi ketika kita buka lagi dan melihat gambar yang sama, maka aplikasi tidak perlu loading karena sudah tersimpan dan muncul otomatis. Namun file cache ini membutuhkan ruang memori sehingga sering kita menghapus cache untuk meringankan memori internal.

Untuk menghapusnya, biasanya kita masuk ke aplikasi Security > Cleaner > dan menekan tombol Clean Up untuk membersihkan semuanya. Selain cara ini, ada juga cara yang lebih mudah untuk meringankan memori internal smartphone Xiaomi kamu.

Meringkan Memori Internal dengan Menghapus File Blob

Trik Mudah Meringankan Memori Internal pada Smartphone Xiaomi
Langkah untuk menghapus file .blob (Gambar; Dok. Pribadi)

Caranya sangat mudah sekali. Pertama-tama kamu masuk ke aplikasi Security > Cleaner > lalu pilih ikon “Clean” atau tombol Deep Clean yang ada di ujung sebelah kanan atas. Selanjutnya tunggu scan selesai dan pilih bagian Big Files.

Baca Juga :  Membuat Google Assistant Mendeteksi Dua Bahasa Tanpa Ganti Bahasa Smartphone
Trik Mudah Meringankan Memori Internal pada Smartphone Xiaomi
Langkah untuk menghapus file .blob (Gambar; Dok. Pribadi)

Di sini kita akan melihat banyak file yang berukuran besar dan bisa kamu pilih untuk dihapus. Nah, kamu bisa menghapus yang namanya berakhiran dengan “_blob.0“. Setelah itu, kamu tinggal tekan tombol Delete dan memori internal kamu akan sedikit lebih ringan tergantung besar file .blob yang telah dihapus tadi.

Apa Itu File Blob?

Singkatnya, file ini juga berupa cache dari aplikasi galeri. Jadi ketika kita membuka aplikasi galeri, nanti akan banyak gambar kecil (thumbnails) dan itu semua disimpan dalam bentuk file .blob. Jadi ketika kita buka aplikasi galeri kembali, maka tidak perlu menunggu sampai gambar di galeri muncul semua.

Ukuran file yang disimpan dalam bentuk .blob ini sangat besar. Ini bisa dijadikan cara ataupun pilihan jikalau memang memori internal memerlukan ruang secara mendesak. Contoh mau mengunduh aplikasi dari Playstore dan butuh sedikit lagi ruang memori. Jadi kamu bisa ikuti cara di atas untuk menghapus cache dari galeri tadi.

Tapi perlu diingat, ketika kita sudah menghapusnya maka sewaktu membuka aplikasi galeri lagi, akan butuh waktu untuk memuat semua gambar. Jadi ibarat membangun ulang kembali file cache yang sudah terhapus. Bagaimana, mengerti dan mudah dilakukan bukan?

Tags

Michael Sihombing

Hanya seseorang anak muda yang gemar dengan dunia smartphone dan senang berbagi ilmu. Selalu tertarik dengan smartphone kece harga kere. Follow Instagram @chael.sihombing.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
Close