web counter
Featured

Waspada Stuck Recovery Saat Update Android Pie Pada Redmi Note 5

Jangan sembarangan lagi, update ROM kini harus perhatikan beberapa hal agar tidak terkena Stuck Recovery.

Stuck Recovery Redmi Note 5
Pengguna mengeluh mengalami Stuck Recovery (Gambar: Dok. Pribadi)

Saat ini Xiaomi telah merilis ROM terbaru dengan Android Pie pada seri Redmi Note 5 dan Redmi 6 Pro. Pengguna Indonesia banyak mengeluhkan mengalami “Stuck Recovery” ketika telah menginstal ROM yang didapat melalui notifikasi update. Mengapa bisa terjadi demikian?

Stuck Recovery adalah keadaan ketika telah selesai instal ROM, smartphone tidak masuk ke sistem dan hanya tampak menu Mi Recovery. Hal ini sangat menyulitkan lantaran meskipun telah Wipe Data, hasilnya tetap tidak akan bisa masuk ke sistem melainkan nyangkut di Mi Recovery 3.0. Kamu bisa melihatnya seperti gambar yang ada di atas.

Pengumuman beberapa bulan lalu akan menjawab pertanyaan kamu, “mengapa bisa seperti ini?”. Berikut detail pengumuman resmi-nya.

  • Xiaomi Phones manufactured for (the) Chinese market are not able to run MIUI Global ROM.
  • Xiaomi Phones manufactured for Global markets are not able to run MIUI China ROM.

Singkatnya, smartphone Xiaomi dengan manufraktur (buatan) China, tidak akan bisa menjalankan ROM MIUI Global. Begitupula sebaliknya, smartphone Xiaomi dengan manufraktur di luar China (Indonesia, India dan lainnya), tidak akan bisa menjalankan ROM MIUI China. Ini dilakukan sebagai bentuk kebijakan agar kita membeli barang resmi TAM yang dibuat oleh warga negara kita sendiri.

Menghindari Stuck Recovery

Berbagai Dus Xiaomi Redmi Note 5
Berbagai dus Xiaomi Redmi Note 5 (Gambar: Dok. Pribadi)
(1) Dus Distri China, (2) Dus Distri Global, (3) Dus TAM

Pada dasarnya pengumuan di atas ditujukan pada smartphone generasi Redmi Note 5 dan setelahnya. Saat ini mungkin kamu berpikir bahwa saat menggunakan Android Oreo, mengapa update masih seperti biasanya dan tidak terjadi apa-apa. Yah, hanya tebakan saya saja bahwa implementasinya mungkin saat ini yakni update versi android seperti dari Oreo ke Pie.

Cara menghindarinya sangat mudah. Jangan update jika tidak sesuai !!! Tidak sesuai? Maksudnya? Nah, seperti yang dikatakan tadi, ponsel dengan buatan dari market China tidak bisa menjalankan ROM Global. Jadi tips untuk mengetahuinya, cukup kamu lihat saja kotak dusnya.

  • Jika dus berwarna merah dan tulisan China, maka kemungkinan besar kamu akan mengalami Stuck Recovery jika coba-coba update ke Pie (sesuai pengumuman, buatan market China tidak bisa menggunakan ROM Global)
  • Jika dus berwarna orange dan tulisan biasa, maka kemungkinan besar kamu bebas dari Stuck Recovery saat update ke pie (buatan untuk market Global tentu bisa gunakan ROM Global)
  • Jika beli garansi TAM, maka sudah pasti aman untuk update ke Pie dan bebas dari Stuck Recovery.
Baca juga:  Lokasi Lengkap Toko Resmi Xiaomi Authorized Mi Store di Seluruh Indonesia

Akan tetapi ini tidak berlaku jika kamu sudah UBL (Unlock Boot Loader). Yah, jika kamu menggunakan dus China dan sudah UBL, maka kemungkinan selamat ketika terkena Stuck Recovery adalah besar. Jika mengalami hal tersebut dan sudah UBL, maka sangat gampang yakni dengan instal Pitch Black Recovery, TWRP atau OrangeFox. Selanjutnya kamu tinggal instal deh ROM-nya.

Tapi berbeda dengan yang belum UBL. Jika kamu mengalami Stuck Recovery, kamu harus melakukan Test Point dengan membuka bagian belakang smartphone. Ini hal yang harus kamu waspadai jika tidak kompeten dalam melakukannya. Mau tidak mau kamu harus ke konter dan mengeluarkan uang lebih untuk biayanya.

Itulah beberapa hal yang harus kamu waspadai agar tidak terkena Stuck Recovery. Sekali lagi, hal tersebut mudah saja ditangani jika sudah UBL. Akan tetapi akan lebih sulit ketika tidak UBL karena harus melakukan Test Point. Sebaiknya, pengguna dus China melakukan UBL terlebih dahulu. Agar ketika mencoba update, kamu lebih gampang mengatasinya. Semoga bermanfaat.

Tags

Michael Sihombing

Hanya seseorang anak muda yang gemar dengan dunia smartphone dan senang berbagi ilmu. Selalu tertarik dengan smartphone kece harga kere. Jangan lupa aktifkan notifikasi untuk bacaan menarik lainnya yah.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Kamu terdeteksi menggunakan Adblocker. Untuk mendukung situs ini, dimohon untuk menghapus Adblocker atau menggunakan browser lain. Terimakasih atas dukungannya.